Agenda
Webinar Penyelenggaraan Pemerintahan di Era “New Normal”
- 30 May 2020
- 08.00 AM
Jumat, 29 Mei 2020, DPR RI menggelar Webinar dengan tema Penyelenggaraan Pemerintahan di era “Normal Baru” yang diselenggarakan melalui Aplikasi Zoom dan Kanal Youtube Channel DPR RI.
Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Sekjen DPR RI, Ir. Indra Iskandar, M.Si. Dalam mengawali pembukaannya, Sekjen DPR menyampaikan bahwa perkembangan wabah pandemi Covid-19 saat ini belum menemukan jalan keluar mengingat vaksin virus tersebut sampai saat ini belum ditemukan. Pada akhirnya, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan bahwa kita harus hidup berdamai dan hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan mengubah tata cara dan pola hidup baru yang biasa disebut era “normal baru”.
Merespon dinamika yang berkembang, Kementerian PANRB telah mengeluarkan beberapa prosedur terkait penyelenggaraan dan pelayanan publik di era pandemi, salah satunya sistem kerja di rumah (work form home/WFH), penerapan protokol kesehatan, dan percepatan perluasan teknologi dan informasi. “Meski bagaimanapun, pelayanan publik dan pelayanan pemerintahan harus terus berjalan dengan baik di tengah pandemi Covid-19” ujar Sekjen DPR.
Prof. Dr. Eko Prasojo, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, UI dalam paparannya menyampaikan bahwa meski bagaimanapun pelayanan pemerintah harus berubah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan mengadopsi cara-cara digital. Menurut Prof. Eko, setidaknya terdapat 3 kekuatan perubahan yaitu : 1) Globalisasi yang masif dan menyeluruh (Global Governance); 2) Perkembangan TIK dan disrupsi (Digital Governance); dan 3) Penciptaan pengetahuan (Knowledge based Governance).
“Sebuah kurva tentang perkembangan Indikator Governance Indonesia menunjukan bahwa belum ada perkembangan yang signifikan pada 3 hal yaitu Government effectiveness, control of corruption, dan voice and accountability”, ujar Prof. Eko. Satu hal yang mempunyai perkembangan baik adalah Easy of Doing Business (EoDB) yang pada tahun 2019 berada pada peringkat 73, sementara pada tahun 2015 berada pada peringkat 114.
Pada akhir paparanya Prof. Eko menyampaikan bahwa sudah waktunya bagi instansi pemerintah untuk mengkaji lebih serius mengenai flexible working arrangement di tengah pandemic Covid-19. “Gagasan Presiden Joko Widodo tentang penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselonisasi yaitu mengalihkan jabatan struktural ke jabatan fungsional adalah suatu langkah yang mendukung flexible working arrangement dengan menghadirkan jabatan yang lebih memperhatikan kompetensi dan skill”, ujar Prof. Eko.
Sementara itu Dr. Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua Komisi II, DPR RI menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu sebelum pandemik muncul, Bappenas pernah menggulirkan sebuah tema menarik tentang apakah pemerintah Indonesia dengan pola birokrasinya saat ini tepat menjalankan skema kerja flexible working arrangement? Saat itu banyak pihak yang meragukannya. “Munculnya pandemik ini pada satu sisi membawa momentum yang baik bahwa Indonesia bisa menemukan pola-pola baru khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, sekaligus menghadirkan suatu realita apakah pemerintah dapat mengakselerasi momentum ini dengan baik?” pungkas Dr. Ahmad Doli.
Pemapar selanjutnya, Rini Widyantini, SH, MPM, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, KemenPANRB, menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintah ditengah pandemik adalah bahwa instansi pemerintah harus responsive, adaptif, dan evidence based policy. Kementerian PANRB telah menyusun mekanisme pelaksanaan fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja yaitu dengan membedakan wilayah yang menjalankan PSBB dan wilayah yang non-PSBB.
Kementerian PANRB juga telah menyusun kriteria pegawai ASN yang melakukan WFH dengan dilihat dari berbagai aspek yaitu: 1) jenis pekerjaan; 2) hasil penilaian pegawai; 3) kompetensi pegawai dalam mengoperasikan sistem dan teknologi informasi; 4) laporan disiplin pegawai; 5) kondisi Kesehatan pegawai; 6) tempat tinggal pegawai yang berada di wilayah PSBB; 7) kondisi Kesehatan keluarga pegawai; 8) riwayat perjalanan pegawai; 8) riwayat interaksi pegawai dengan penderita terkonfirmasi Covid-19; 9) efektivitas pelaksanaan tugas dan pelayanan unit organisasi.
Rini menyampaikan bahwa “New normal merupakan sebuah momentum peluang bagi pemerintah khususnya dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data Indonesia (SDI) yang merupakan keharusan sebagai pondasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik seiring dengan pemberlakuan tatanan normal baru”.
Webinar tersebut diikuti oleh peserta sejumlah 764 peserta yang berasal dari perwakilan Kementerian/Lembaga. Sementara perwakilan Setjen Wantannas yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Kabag Ortala, Tri Hariyadi, M.AP, Kasubbag Organisasi dan Fasilitasi RB, Jumadi Saman, serta Staf Ortala, Enang Suhendar, S.Kom. **ES
Agenda Lainnya
- 19 Jan 2023
- 08.00 AM
Kegiatan Sosialisasi PermenPANRB 7 Tahun 2022
- 12 Jan 2023
- 08.00 AM
Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas
- 05 Dec 2022
- 08.00 AM
Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan
- 24 Nov 2022
- 08.00 AM
Rapat Penyusunan Dokumen Manajemen Risiko
- 11 Oct 2022
- 08.00 AM
Pemutakhiran SOP di lingkungan Biro PSP
- 10 Oct 2022
- 08.00 AM
Sosialisasi Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas
- 21 Sep 2022
- 08.00 AM
Sosialisasi Audit SPBE
- 19 Aug 2022
- 08.00 AM
Assessment Plan Aplikasi SIRUP
- 18 Aug 2022
- 08.00 AM
Pengendalian Gratifikasi pada Pengadaan Barang/Jasa
- 12 Aug 2022
- 08.00 AM
Evaluasi Pelaksanaan Pengalihan Jabatan
- 01 Aug 2022
- 08.00 AM
Entry Meeting Evaluasi Reformasi Birokasi dan SAKIP 2022
- 21 Jul 2022
- 08.00 AM
Koordinasi Program Sisnas
- 14 Jul 2022
- 08.00 AM
Rapat Penyusunan SOP
- 06 Jul 2022
- 08.00 AM
Rapat Standarisasi Penyusunan SOP
- 20 Jun 2022
- 08.00 AM
Sosialisasi Manajemen Data SPBE
- 12 Apr 2022
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Ikuti Asistensi Penerapan SPBE
- 22 Mar 2022
- 08.00 AM
Sosialiasi PermenPANRB No.90 Tahun 2021
- 21 Mar 2022
- 08.00 AM
Karo POK Hadiri Rakor Tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis
- 18 Mar 2022
- 08.00 AM
Koorpok Ortala Wantannas menjadi Narasumber di KKIP, Kemhan
- 14 Mar 2022
- 08.00 AM
Workshop Permodelan Penyusunan Kebutuhan Jabatan Fungsional Kepegawaian
- 13 Jan 2022
- 08.00 AM
Tim Koordinasi SPBE Gelar Monitoring dan Evaluasi
- 22 Sep 2021
- 08.00 AM
Standar Teknis dan Tata Cara Audit TIK
- 08 Sep 2021
- 08.00 AM
Coaching Clinic tentang Aplikasi Ekinerja
- 03 Sep 2021
- 08.00 AM
Pegawai Bagian Ortala Mengikuti Bimtek JF Analis Kebijakan
- 02 Sep 2021
- 08.00 AM
Penyelenggaraan Interview dan Wawancara Evaluasi SPBE
- 18 Jun 2021
- 08.00 AM
Tim Penyusun Tata Naskah Dinas Melakukan Audensi ke ANRI
- 17 Jun 2021
- 08.00 AM
Pembahasan Isu Strategis Reformasi Birokrasi
- 17 Jun 2021
- 08.00 AM
Audensi dari Biro Ortala, Kementerian Pertahanan
- 14 Jun 2021
- 08.00 AM
Pembahasan Peta Jabatan dan Kelas Jabatan Setjen Wantannas
- 10 Jun 2021
- 08.00 AM
Rapat Pengisian Evaluasi SPBE pada Domain Layanan
- 08 Jun 2021
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Gelar Rapat Bahas Strategi Keamanan Nasional
- 24 May 2021
- 08.00 AM
Pengisian Indeks NSPK Manajemen ASN
- 11 May 2021
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Selenggarakan Rakor Penilaian Mandiri SPBE
- 06 May 2021
- 08.00 AM
Pelatihan Asesor PMPRB di Lingkungan Setjen Wantannas
- 05 Apr 2021
- 08.00 AM
Rapat Koordinasi Tim Reformasi Birokrasi
- 01 Apr 2021
- 08.00 AM
Perlunya Kebijakan Tata Kelola SPBE
- 25 Mar 2021
- 08.00 AM
Perlu Percepatan Transaksi elektronik pada setiap Aspek Layanan Pemerintah
- 06 Mar 2021
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Ikuti Rakor Penyederhanaan Birokrasi
- 26 Feb 2021
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Selenggarakan Rakor Evaluasi ZI Tahun 2020
- 26 Jan 2021
- 08.00 AM
Rapat Evaluasi Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Fungsional
- 06 Jan 2021
- 08.00 AM
Exit Meeting Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Awal Tahun 2021
- 24 Nov 2020
- 08.00 AM
Keberadaan Wankamnas Akan Menjadi Lembaga Penyusun National Security Strategy
- 26 Oct 2020
- 08.00 AM
Rapat Transformasi Kelembagaan Wantannas
- 14 Sep 2020
- 08.00 AM
Rapat Pokja Penyetaraan Jabatan Anggota TNI/Polri
- 11 Aug 2020
- 08.00 AM
Wapres RI : Penyederhanaan Birokrasi Wajib Dilaksanakan
- 06 Aug 2020
- 08.00 AM
Perlu Kajian Komprehensif Dalam Proses Pengalihan Jabatan Anggota TNI/Polri
- 27 Jul 2020
- 08.00 AM
Rakor Tindak Lanjut Program Percepatan RB
- 24 Jul 2020
- 08.00 AM
Bimtek Manajemen Risiko SPBE
- 09 Jul 2020
- 08.00 AM
Entry Meeting Program Reformasi Birokrasi
- 06 Jul 2020
- 08.00 AM
Sosialiasi Instruksi Deputi Sisnas tentang Aksi Reformasi Birokrasi
- 02 Jul 2020
- 08.00 AM
Sosialiasi Instruksi Deputi Pengembangan tentang Aksi Reformasi Birokrasi
- 26 Jun 2020
- 08.00 AM
Rapat Rencana Aksi Tindak Lanjut Reformasi Birokrasi
- 18 Jun 2020
- 08.00 AM
Sosialiasi Instruksi Depolstra tentang Aksi Reformasi Birokrasi
- 12 Jun 2020
- 08.00 AM
Validasi Penyetaraan Jabatan di Setjen Wantannas
- 11 Jun 2020
- 08.00 AM
Penyetaraan Jabatan bagian dari Program Reformasi Birokrasi
- 10 Jun 2020
- 08.00 AM
Sesjen Wantannas Hadiri Kegiatan Rakor Penyetaraan Jabatan
- 30 May 2020
- 08.00 AM
Webinar Penyelenggaraan Pemerintahan di Era “New Normal”
- 20 May 2020
- 08.00 AM
Tim RB Gelar Rapat Membahas Road Map RB 2020-2024
- 13 May 2020
- 08.00 AM
Tim RB Setjen Wantannas Ikuti Sosialisasi PMPRB secara Online
- 13 May 2020
- 08.00 AM
Tim Assesor PMPRB Menilai Kesesuaian Data Dukung RB
- 12 May 2020
- 08.00 AM
Tim Assesor PMPRB Selenggarakan Penyesuaian Evidence RB
- 08 May 2020
- 08.00 AM
Menteri PANRB terbitkan Peraturan tentang Road Map RB 2020-2024
- 08 May 2020
- 08.00 AM
Seminar Online Kerangka Kerja Manajemen Risiko SPBE
- 23 Apr 2020
- 08.00 AM
Serah Terima Jabatan Karo POK
- 22 Apr 2020
- 08.00 AM
Rapat Internal Tim RB Deputi Pengembangan
- 21 Apr 2020
- 08.00 AM
Donor Darah Bentuk Simpati pada Sesama
- 07 Apr 2020
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Selenggarakan Rapid Test
- 03 Apr 2020
- 08.00 AM
Usulan Penyederhanaan Birokrasi
- 31 Mar 2020
- 08.00 AM
Inventarisasi Jabatan Struktural ke Jabatan Fungsional
- 17 Mar 2020
- 08.00 AM
Ketua Tim RB Gelar Rapat Percepatan Program RB
- 17 Mar 2020
- 08.00 AM
Rapat Mekanisme Sidang Dewan dan Pembahasan IKU
- 13 Mar 2020
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Paparkan Kamus Kompetensi Teknis bersama KemenPAN RB
- 24 Feb 2020
- 08.00 AM
Rapat Pembahasan Evaluasi Jabatan dan Kelas Jabatan
- 19 Feb 2020
- 08.00 AM
Biro POK Melaksanakan Pemaparan pada Tim BPK
- 07 Feb 2020
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Adakan Rapat Revisi Pedoman Tata Tulis Produk Kajian
- 31 Jan 2020
- 08.00 AM
Serah Terima Kepala Biro POK Setjen Wantannas
- 30 Jan 2020
- 08.00 AM
Agent of Change Setjen Wantannas Diminta Membuat Perubahan yang Nyata
- 28 Jan 2020
- 08.00 AM
Pembaruan Tata Naskah Dinas Setjen Wantannas
- 14 Jan 2020
- 08.00 AM
Setjen Wantannas Adakan Rapat Tata Kelola E-Government
- 07 Jan 2020
- 08.00 AM
Exit Meeting Tim Evaluasi Reformasi Birokrasi Kementerian PAN & RB
- 30 Aug 2019
- 08.00 AM
Asistensi SPBE 2019 di Denpasar
- 23 Aug 2019
- 08.00 AM
Rapat Koordinasi Penyusunan SKJ
- 22 Aug 2019
- 08.00 AM
Menghadiri Kegiatan Dewan Pegurus KORPRI Nasional
- 19 Jun 2019
- 08.00 AM
Pisah Sambut Kepala Biro POK Setjen Wantannas
- 13 Jun 2019
- 08.00 AM
Pelantikan Pejabat di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional
- 12 Jun 2019
- 08.00 AM
Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR RI
- 01 Aug 2018
- 08.00 AM
Entry Meeting Tim Kemenpan RB di Setjen Wantannas
- 13 Feb 2018
- 08.00 AM
Bincang Pagi SPIP di BPKP
- 25 Jan 2018
- 08.00 AM
Rapat Koordinasi Penerapan SOP Strategis K/L
- 12 Dec 2017
- 08.00 AM
PERLU MEMAKSIMALKAN PERAN AGENT OF CHANGE SEBAGAI PENGGERAK PERUBAHAN
- 29 Nov 2017
- 08.00 AM
Korpri Harus Menjadi Pilar Utama Pemersatu Bangsa
- 23 Nov 2017
- 08.00 AM
Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) membahas Bela Negara
- 31 Oct 2017
- 08.00 AM
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
- 21 Oct 2017
- 08.00 AM
Kemen PAN RB Laksanakan Survei Integritas Organisasi
- 29 Sep 2017
- 08.00 AM